Tips & Trick

12 Cara Mudah Mendeteksi Kalau Komputer Anda Diretas

Tanda Komputer Anda Di Hack dan Cara Mengatasi Komputer yang telah Dihack

Serangan cyber atau cyber attack sangat sering terjadi, dan semua orang khawatir tentang keamanan data mereka yang tersimpan dalam komputer. Crazytechblog mengundang Anda untuk membaca artikel ini untuk mempelajari cara memeriksa apakah komputer Anda telah dihack. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus tahu apa yang harus anda dilakukan, seperti apa yang akan kami bahas berikut ini:

1. Antivirus Dimatikan

Tanda komputer kita di hack antivirus dimatikan
source:brightside.me

Jika Anda tidak mematikan antivirus Anda tetapi menyadari bahwa ternyata dalam kondisi mati, kemungkinan besar komputer anda sedang diretas. Antivirus tidak bisa mati sendiri. Hal pertama yang dilakukan hacker adalah mematikan antivirus untuk mendapatkan akses ke file Anda dengan mudah.

2. Password Tidak Berfungsi

Password tidak berfungsi karena dihack atau diretas
Jika Anda tidak mengubah kata sandi Anda tetapi pasword anda tiba-tiba tidak berfungsi dan Anda tidak dapat mengakses akun Anda, Anda harus waspada – komputer Anda kemungkinan besar diretas.

3. Jumlah Pertemanan tiba tiba bertambah

Ketika anda menyadari tiba tiba teman sosial media anda bertambah dan banyak orang orang yang tidak anda kenal dan anda tidak merasa telah menambahkan pertemanan dengan orang orang tersebut. Bisa saja akun sosial media anda telah diretas dan digunakan untuk mengirim pesan spam.

4. Beberapa Ikon baru muncul di dasbor Anda.

Muncul icon baru di dashboard komputer kemungkinan komputer anda telah dihack
Saat Anda membuka browser dan melihat ikon baru di dasbor Anda, ini mungkin merupakan tanda infiltrasi beberapa kode berbahaya ke komputer Anda.

5. Kursor bergerak sendiri.

Jika Anda melihat kursor Anda bergerak sendiri dan menyorot sesuatu padahal anda sedang tidak menggunakan mouse ataupun mousepad, waspadalah ini adalah tanda tanda bahwa komputer anda telah dihack.

6. Printer Anda tidak berfungsi dengan baik.

Tanda-tanda serangan cyber tidak hanya berpengaruh pada komputer anda saja tetapi bisa juga printer Anda. Misalnya, ketika printer tidak mau mencetak atau printer tiba-tiba mencetak sesuatu yang tidak Anda inginkan.

7. Anda dialihkan ke situs web berbeda

kita dialihkan ke situs yang berbeda kemungkinan komputer dihack
source:depositphotos.com

Jika browser Anda mengalihkan Anda ke berbagai situs web, saatnya untuk waspada. Hal yang sama berlaku untuk situasi ketika Anda mengetik sesuatu ke mesin pencari dan bukannya halaman Google yang muncul, tetapi anda dialihkan ke halaman lain yang tidak Anda ketahui. Jika Anda melihat pop-up muncul terlalu sering, ada kemungkinan itu adalah tanda tanda peretasan.

8. File terhapus secara misterius.

Komputer Anda pasti diretas jika Anda melihat bahwa beberapa program atau file Anda dihapus tanpa sepengetahuan Anda. Padahal anda sama sekali tidak merasa telah menghapusnya.

9. Data pribadi Anda ada di internet, padahal Anda tidak menaruhnya di sana.

Periksa data pribadi anda menggunakan mesin pencari Anda: cari informasi tentang diri Anda yang anda yakin tidak mengunggahnya ke internet. Jika Anda menemukannya, komputer Anda telah diretas dan hacker telah mencuri data pribadi anda.

10. Anda menerima peringatan antivirus palsu.

Peringatan antivirus palsu tanda komputer anda dihack
source: Valerio Lorenzoni/Wikimedia Commons

Jika Anda melihat peringatan antivirus tetapi terlihat berbeda dari biasanya, ini adalah tanda yang jelas dari peretasan. Tanda buruk lainnya adalah jika Anda memiliki antivirus baru padahal anda tidak merasa telah menginstalnya.

11. Ada tanda webcam yang tidak biasa.

Webcam mencurigakan tanda laptop dihack
source:brightside.me

Periksa webcam Anda: jika indikatornya berkedip dengan sendirinya, reboot komputer dan periksa apakah berkedip lagi dalam waktu sekitar 10 menit. Jika ya, artinya komputer atau laptop Anda diretas.

12. Komputer bekerja sangat lambat.

Jika untuk melakukan pekerjaan paling sederhana saja komputer anda mmemerlukan waktu yang cukup lama, dan jika Anda melihat penurunan kecepatan koneksi internet yang cukup signifikan, bisa jadi ada seseorang yang meretas komputer Anda.

Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi komputer yang telah di hack:

  • Peringatkan teman-teman Anda atau siapapun yang dikirimi pesan menggunakan email anda, bahwa komputer Anda telah diretas. Katakan kepada mereka untuk tidak membuka pesan dari Anda dan jangan mengeklik tautan apa pun dari Anda.
  • Beri tahu pihak bank Anda tentang kemungkinan kebocoran data pribadi Anda. Cari tahu cara melindungi uang Anda.
  • Hapus semua program yang tidak dikenal dan juga program yang tidak dapat Anda buka.
  • Instal antivirus yang handal, dan scan sistem komputer Anda. Beberapa perusahaan antivirus membuat versi trial untuk anda coba.
  • Ubah pasword semua akun Anda.
  • Jika Anda masih merasa bahwa masalahnya tidak terpecahkan, tanyakan kepada orang yang lebih ahli.

Itulah beberapa tanda yang bisa kita lihat mengenai kemungkinan komputer kita telah dihack/diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan bagaimana mengatasi apabila komputer kita telah terlanjur kena hack.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca