Tips & Trick

iPhone Tidak Mau Hidup? Berikut 5 Cara Cepat Untuk Merestart iPhone Anda

Apple telah menjadikan iPhone sebagai salah satu perangkat paling cerdas yang dapat Anda beli hari ini. Namun perangkat ini tetap rawan error, hal yang sering terjadi bahwa iPhone Anda tidak bisa dihidupkan karena terjadi masalah pada software atau hardwarenya.

Ada banyak kemungkinan kenapa iPhone Anda tidak dapat dihidupkan. Beberapa masalah yang sering dihadapi adalah karena adanya error pada perangkat lunak atau software, kabel atau adaptor charger yang bermasalah, kerusakan fisik, baterai yang terkuras, dll.

Masalah Umum Startup pada perangkat Apple

Jika Anda menghadapi salah satu masalah yang ada dalam daftar ini, Anda dapat memperbaiki iPhone Anda dengan mengikuti kiat yang diberikan pada artikel ini. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi.

  • Logo Apple berkedip
  • Layar iPhone blank putih
  • Reboot macet di logo Apple
  • Layar biru iPhone (iPhone Blue Screen)
  • iPhone tidak akan hidup setelah update iOS
  • iPhone tidak bisa restart
  • iPhone tidak amenyala setelah logo Apple
  • iPhone tidak mau hidup setelah melakukan jailbreak
  • iPhone Stuck di boot loop

Nah, kabar baiknya sebagian besar masalah tersebut diatas dapat ditangani di rumah tanpa harus mengunjungi Apple Store. Berikut ini beberapa cara cepat yang dapat Anda terapkan untuk mengaktifkan dan memperbaiki iPhone Anda jika terjadi error seperti diatas.

Tips Untuk merestart iPhone yang tidak mau dihidupkan.

Tips iPhone ini mungkin dapat menghemat uang anda dan menyelesaikan masalah iPhone anda yang tidak mau dihidupkan.

1. Charger iPhone anda dan tunggu beberapa saat

iPhone tidak mau menyala karena baterai kosong
Salah satu alasan paling umum di balik os iPhone yang tidak merespon ketika dihidupkan adalah karena baterai yang benar-benar kosong. Jika Anda tidak menggunakan ponsel Anda untuk waktu yang lama dan sekarang iPhone Anda tidak mau menyala maka kemungkinan bahwa iPhone tidak memiliki cadangan baterai untuk menghidupkan ponsel.

Tancapkan iPhone pada kabel charger dan gunakanlah kabel charger Apple original untuk melakukan pengisian data. Biasanya, setelah beberapa menit, Anda akan melihat layar pengisian dengan baterai yang hampir kosong di iPhone Anda.

Jika layar muncul, tak perlu takut karena iPhone Anda akan menyala secara otomatis begitu diisi ke tingkat tertentu. Namun jika iPhone tetap tidak mau menyala setelah melakukan pengisian, anda dapat melanjutkannya ke tips berikutnya.

2. Hard Reset iPhone

Jika iPhone Anda mengalami masalah terkait software atau perangkat lunak, maka ada kemungkinan anda harus melakukan hard reset. Menghilangkan error dengan melakukan hard reset tidak akan menghapus data pengguna. Hard reset di iPhone bertujuan untuk membersihkan RAM dan mematikan beberapa proses yang tidak relevan tetapi hal ini tidak mengganggu data pengguna.

Untuk melakukan hard reset anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini:
Untuk iPhone 6s dan tipe yeng lebih lama
Tekan tombol home dan tombol daya bersama-sama selama 20 hingga 30 detik hingga logo Apple muncul.

Untuk iPhone 7 dan model dirilis setelahnya
Tekan tombol power dan tombol volume turun pada saat yang bersamaan hingga logo Apple muncul.

hard reset iphone

Setelah logo Apple muncul, iPhone Anda akan mulai normal maka masalah ‘iPhone tidak dapat dihidupkan’ akan dapat teratasi. Jika tidak, Anda dapat menuju ke tips berikutnya untuk menyalakan iPhone Anda.

3. Coba Ganti Kabel Charger dan Adaptor

mengganti kabel charger iphone
source:macpoin.com
Jika trik sebelumnya tidak berhasil untuk Anda, Anda dapat mencoba mengganti kabel charger atau adaptor yang digunakan untuk mengisi daya iPhone. Ada kemungkinan kabel pengisian Anda tidak berfungsi dan membuat baterai iPhone tidak terisi. Anda dapat mencoba kabel / adaptor Anda dengan perangkat iOS lainnya, atau langsung menggantinya dengan kabel dan adaptor lain.

4. Restore menggunakan iTunes

Restore dengan menggunakan iTunes
source:imore.com
Jika iPhone Anda telah menyala, tetapi macet saat booting atau jika muncul layar merah atau biru saat startup, maka Anda perlu menginstal iOS di iPhone Anda dengan bantuan iTunes.
  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer terdapat iTunes versi terbaru di dalamnya.
  • Pada iPhone 8 atau lebih seri yang lebih baru – Tekan dan dengan cepat lepaskan tombol Volume Naik dan Volume Turun satu demi satu dengan cepat. Kemudian, tekan dan tahan tombol Sisi sampai Anda melihat mode pemulihan muncul di layar.
  • Untuk iPhone 7 atau 7 Plus, tekan tombol power dan volume turun secara bersamaan hingga Anda melihat mode pemulihan iTunes.
  • Jika Anda memiliki iPhone 6s atau model yang dirilis sebelumnya, maka Anda harus tetap menekan tombol home dan power bbersamaan sampai Anda masuk ke mode pemulihan.

Setelah Anda berada dalam mode pemulihan, klik “Update” ketika diminta oleh iTunes. Maka, iTunes akan menginstal ulang iOS di iPhone Anda dan telepon Anda akan boot secara normal.

Restore iPhone iTunes

Data Pribadi anda akan aman jika anda memperbarui iOS melalui iTunes dengan memilih opsi ‘Update’. Namun, jika Anda memilih “Restore,” seluruh data yang tersimpan di iPhone Anda akan dihapus.

5. Hubungi Apple Support

Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil untuk memperbaiki iPhone yang tidak bisa menyala, Anda dapat menghubungi Apple support untuk meminta bantuan.

Kesimpulan

Semua Teknologi rentan terhadap error tidak terkecuali iPhone. Mengingat harganya yang cukup mahal hingga mencapai lebih dari 10 juta rupiah, tentu sangat menyakitkan jika Iphone tersebut mengalami kerusakan. Kabar baiknya beberapa tips diatas terbukti berhasil untuk memulihkan iPhone yang tidak mau menyala.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca