Komputer
Trending

13 Hal yang Dapat Merusak Laptop Anda Secara Perlahan

Perlakuan yang membuat Laptop Cepat Rusak

Di Era Modern ini laptop sudah menjadi perangkat kerja yang cukup populer. Peran laptop sangat membantu pekerjaan anda. Kebanyakan dari kita masih kurang memperhatikan bagaimana perlakuan yang benar untuk laptop kita. Seringkali kita masih melakukan kecerobohan yang lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pada laptop kita.

CrazyTechBlog akan membantu Anda mempelajari cara menangani perangkat Anda dengan benar agar tidak cepat rusak.

Jauhkan Hewan Peliharaan dari Laptop Anda

Jauhkan hewan peliharaan dari laptop
@pixabay

Anda mungkin merasa lucu ketika kucing kesayangan anda naik ke laptop anda dan mengganggu pekerjaan anda. Sebaiknya jangan biasakan hal ini terjadi. Secara naluri kucing akan mencari tempat yang hangat pada laptop yang sedang berfungsi. Jangan biarkan kucing duduk diatas laptop anda karena akan membuat bulunya masuk ke fans system. Hal tersebut bisa mengakibatkan laptop anda cepat panas dan membuat laptop cepat rusak. Selain itu hindari untuk makan di depan komputer atau laptop karena sisa sisa makanan yang tertinggal akan memancing kecoak dan semut yang mungkin saja akan masuk ke laptop anda.

Pindahkan laptop Anda dengan hati-hati

Jangan lerlalu sering memindahkan laptop
@Depositphotos

Apabila laptop anda tidak menggunakan SSD sebaiknya lebih berhati hati ketika memindahkan laptop/komputer anda. Hardisk mekanis dapat menjadi cepat rusak jika terlalu sering digerakkan, hal itu disebabkan karena hardisk memiliki beberapa bagian yang ikut bergerak saat tergoncang sehingga cepat rusak. Kerusakan pada hard disk dapat mengakibatkan anda kehilangan data yang anda miliki.

Gulung kabel dengan benar

gulung kabel dengan baik
@pixabay

Seringkali pengguna laptop tidak terlalu memperhatikan soal kabel, meskipun kabel dilindungi oleh lapisan karet yang membuatnya fleksibel. Agar lebih mudah dibawa mobile kabel laptop biasanya di buat lebih tipis dan fleksibel namun dengan perlakuan yang asal asalan bisa saja kabel terpelintir dan membuatnya rusak atau putus. Jangan menggulung kabel pada posisi melintir dan melindunginya ketika anda menempatkannya pada sisi yang tajam. Selain itu biasakan untuk tidak mencolokkan kabel secara terus menerus pada colokan listrik karena dapat membuat colokan menjadi longgar dan akan mempengaruhi pada saat melakukan pengisian daya.

Jangan biarkan laptop dicolok 24/7

Jangan mencarger laptop terus menerus
@depositphotos

Secara teknis, baterai laptop anda tidak akan kelebihan muatan listrik karena baterai laptop modern sudah menggunakan lithium-ion. Namun, mikrokontroler mengontrol agar baterai tidak terisi secara berlebihan bisa mudah rusak jika anda selalu mencolokkannya pada listrik. Dalam hal ini, mencharger laptop secara nonstop akan membuat baterai terlalu panas.

Tutup dan buka dengan lembut

Buka dan tutup laptop dengan lembut
@Depositphotos

Jangan mengambil laptop hanya dengan memegang layar – karena layar merupakan bagian paling rapuh dari keseluruhan perangkat. Jika Anda memegang pada ujung (pojok), itu menyebabkan tekanan pada sisi itu dan dapat menyebabkannya bengkok dan bisa patah. Buka dan tutup laptop dengan lembut, peganglah bagian tengah saat membuka dan menutup.

Gunakan Coolingpad untuk Laptop

Gunakan Cooling pad untuk laptop anda
@Brightside.me

Laptop diciptakan untuk mempermudah mobilitas, sehingga sebagian orang kadang menggunakannya dengan cara dipangku. Hal ini sebenarnya tidak terlalu bagus untuk laptop Anda. Pangkuan Anda atau alas tertentu dapat menghalangi saluran ventilasi dan akhirnya menyebabkan laptop menjadi terlalu cepat panas. Menggunakan Cooling pad adalah solusi terbaik agar laptop anda tetap terjaga.

Jauhkan Laptop anda dari magnet

Jauhkan laptop dari magnet
@pexels

Hard drive memiliki magnet yang digunakan untuk menyimpan data. Ketika Anda meletakkan laptop Anda di dekat magnet yang kuat, itu dapat menyebabkan gangguan magnetik dan bisa mengakibatkan anda kehilangan data. Jadi pastikan laptop anda jauh dari medan magnet yang kuat seperti speaker dan lainnya.

Baca Kelanjutan artikel di halaman berikutnya …

1 2Next page
Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca