Tips & Trick

5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting

Akurat Dan Tidak Perlu Seting Macam Macam

Komputer Tidak Bisa Booting memang bukan ranah awam untuk memperbaikinya secara sendirian, namun buat anda yang punya dasar dasar sedikit terutama tentang pc, hal ini wajib di coba untuk di garap sendiri, jadi tidak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk memperbaikinya ke tukang service komputer, dan khusus untuk anda yang suka tanytangan dan berani praktek, berikut ini adalah 5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting :

1. Repair Sistem Operasi

komputer tidak booting windows
source : youtube

Komputer tidak bisa booting bisa saja terjadi karena adanya file registery Windows/ Sistem Operasi lain yang corrupt, atau dalam istihlah indonesianya hilang atau rusak. Untuk mengatasinya dapat dilakuan dengan merepair sistem operasi tersebut. caranyahidupkan komputer, lalu masukkan DVD atau USB Sistem Operasi, kemudian tekan F2 atau tombol lain yang sesuai untuk masuk ke menu BIOS. Setelah masuk BIOS, cari menu Boot Option, lalu ubah First Boot menjadi DVD atau USB. selanjutnya Simpan perubahan yang telah dibuat, lalu keluar dari menu BIOS dengan menekan opsi save dan exit bios. Dalam hal ini Proses booting akan diulang dari awal ketika anda keluar dari menu bios, selanjutnya ketika muncul command ”Press Any Key to Boot from DVD”, tekanlah sembarang tombol untuk masuk ke instalasi Windows, nah setelah muncul jendela instalasi Windows,maka silahkan pilih opsi Repair Windows, untuk melakukan perbaikan pada file registery komputer anda yang corrupt, terakhir Jika proses repair berhasil, komputer akan melakukan restart secara otomatis.Dan biasanya komputer akan bisa di gunsakan secara normal lagi.

2. Pindai Komputer Anda Dengan Antivirus Terpercaya

atasi komputer tidak bisa booting
source : youtube

Caranya tekan tombol F8 atau tombol lain yang sesuai untuk menampilkan pilihan mode menjalankan system operasi. Pilih opsi Save Mode, selanjutnya jalankan program antivirus yang telah terinstall dalam komputer anda. Lalu Lakukan scanning pada keseruluhan drive komputer, terutama pada system operasi yang biasanya tersimpan pada drive C. Selanjutnya Setelah scanning selesai dilakukan, periksa apakah memang ada virus/ malware/ spyware yang menginfeksi komputer anda. Lakukan pembersihan dengan menghapus semua virus yang terdeteksi. Nah dalam hal ini anda di sarankan menginstall ulang system operasi komputer anda. Terutama jika memang komputer anda telah terinfeksi virus cukup parah.

3. Unistall Software yang Tidak Kompatibel

komputer tidak bisa booting bios
source : youtube

Hal lain yang bisa menyebabkan masalah Komputer Tidak Bisa Booting, adalah karena software yang anda install tidak kompetible dengan komputer anda. Hal ini akan berdampak pada terjadi kebingungan pada system yang mengakibatkan gagal booting. Untuk mengatasinya anda harus mengHidupkan komputer, lalu jalankan sistem operasi melalui save modelalu selanjutnya Dari start menu, buka Contol Panel > Uninstall Program, lalu Pilih software terakhir yang anda install tersebut, namun Jika anda tidak ingat nama software yang terkhir anda install, anda bisa mencoba menguninstall software yang namanya mencurigakan atau tidak familiar bagi anda.
Setelah selesai, tutup aplikasi lalu restart komputer anda, dan jalankan seperti biasanya.

4. Cek Hardisk

komputer tidak bisa booting tidak ada bunyi beep
source : youtube

Kalau error di sebabkan oleh hardisk biasanya di layar akan  menampilkan command “Disk Boot Failure….“ nah utuk mengatasinya, cukup Periksa semua kabel koneksi ke komputer anda, pastikan tidak ada DVD atau USB bootable yang terpasang pada komputer. Jika ada, lepaskan lalu coba restart komputer. Jika masih bermasalah lanjutkan dengan cara ini, Matikan komputer, cabut semua kabel dari aliran listrik, lalu Buka CPU, cek sambungan kabel data pada hardisk anda. Pastikan telah terpasang dengan benar. selanjutnya periksa kabel data, apakah ada yang rusak atau tidak,caranya dengan mencoba memasang kabel data lain atau mengganti kabel datanua, jika tidak ada masalah, maka bisa jadi Hardisk anda yang bermasalah.nah untuk lebih meyakinkan lagi coba lakukan pengecekan dengan menghubungkan komputer anda dengan hardisk lain,nah dalam hal ini jika benar hardisknya yang rusak sebaiknya segera ganti hardisk.

5. Cek RAM

komputer tidak bisa booting layar hitam
source : youtube

Selanjutnya untuk RAM yang bermasalah biasanya akan menyebabkan layar tidak menampilkan apapun,atau layarnya hanya hitam saja. nah untuk cara mengatasinya cukup dengan meMatikan komputer, lalu  cabut semua kabel dari aliran listriknya, kemudian Buka CPU nya, selanjutnya Periksa dudukan RAM apakah RAM sudah terpasang dengan benar, lalu coba lepas RAM lalu bersihkan pin dari tembaga pada RAMnya dengan menggunakan penghapus untuk pinsil. selanjutnya pasang kembali dengan benar, dan hidupkan komputer.dalam hal ini Jika masih bermasalah, coba ganti RAM, cek apakah memang RAM yang bermasalah atau bukan. Jika memang RAM yang bermasalah, segera gantilah dengan yang baru.

komputer tidak bisa booting dan masuk bios
source : youtube

Nah itulah 5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting, versi crazytechblog.com, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar apabila ada yang masih kurang jelas dan ingin di tanyakan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca