Website

5 Cara Mudah Memperindah Postingan WordPress Anda

Postingan blog memang bagian terpenting dari blog Anda, jadi sebagai blogger yang serius Anda ingin mereka terlihat menarik dan mudah dibaca uoleh pengunjung Anda. Berikut ini beberapa kiat untuk memperindah tampilan visual dari postingan blog Anda.

Menggunakan Featured Image sebagai Background
Cara yang sangat mudah, namun efisien untuk menghias postingan Anda adalah dengan menggunakan fungsi “featured image” sebagai background. Teknik ini menciptakan banyak kemungkinan dan akan membuat setiap posting Anda terlihat berbeda.

Untuk menerapkan tip ini, edit file single.php dari tema Anda, dan tambahkan kode berikut. Setelah selesai, cukup mengatur latar belakang menggunakan fitur WordPress “featured image”.

< div class="image-thumbnail" style="background-image; url(< ?php echo get_the_post_thumbnail_url() ?>)">< /div>

Memastikan WordPress ditulis dengan P kapital
WordPress bukan ditulis dengan WordPress tapi menggunakan huruf P kapital. Terutama jika Anda ngeblog tentang teknologi, desain web, atau pengkodean, kesalahan ejaan yang meluas itu akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Jadi jika Anda kesulitan menuliskan ejaan yang benar, Anda akan senang mengetahui bahwa ada fungsi yang dibuat untuk tujuan itu. Lihat di bawah ini untuk melihat cara kerjanya:

< ?php capital_P_dangit( "I have a hard time remembering the correct spelling of wordpress" ); ?> 

Menampilkan kode dengan baik pada postingan
Ketika Anda menulis kode di blog Anda, kode menjadi terlihat aneh: masalah enkode, jeda baris yang tidak pas, dan sebagainya. Sayangnya, banyak tema gratis dan komersial tidak sesuai untuk menampilkan kode dengan benar. Berikut kode CSS untuk menampilkan kode:

pre{                     
	background:#f5f5f5;
	border:1px #eee solid;
	border-top:20px #eee solid;
	font-family:Consolas, courier;   
	font-size:0.9em;        
	white-space:pre;
	overflow-x:auto;
}

Perhatikan tipografi
Tampilan sebuah website 80% diantaranya adalah aspek typografi. Pastikan teks Anda dapat dibaca (juga di ponsel!) Dengan menggunakan berbagai ukuran judul, blockquotes, indentasi.

Meskipun tidak ada aturan tertulis dalam hal tipografi, berikut beberapa panduan yang cenderung sering digunakan oleh para web designer.

  • Perhatikan font, kurang lebih: 3/4 font yang berbeda adalah keseimbangan yang baik untuk situs web Anda.
  • Selalu pastikan bahwa kontras antara warna font dan latar belakang membuatnya mudah dibaca.
  • Manfaatkan berbagai ukuran font, warna font, dll, untuk bagian teks yang berbeda (mis: kutipan, sub judul, kutipan …)
  • Pastikan ukuran font Anda cukup besar untuk dibaca oleh semua orang, pada semua jenis perangkat.
  • Kecepatan Loading
    Tampilan posting blog jelas merupakan hal yang penting, tetapi yang lebih penting adalah kecepatan loading blog Anda. Jika laman Anda membutuhkan 10 detik untuk dimuat, tidak masalah seberapa cantiknya, 95% calon pengunjung tidak akan menunggu dan segera meninggalkan website Anda.

    Gunakan Google PageSpeed Insights untuk memeriksa seberapa cepat situs web atau halaman Anda ditampilkan di desktop dan ponsel. Anda akan mendapatkan beberapa petunjuk tentang apa yang harus diperbaiki untuk membuat situs Anda lebih cepat.

    Artikel Terkait

    2 Comments

    1. Apakah code-code WordPress di atas harus dimasukkan ke bagian ‘Editor’? Adakah plugin yang bisa menyederhanakan metode menginput code-code di atas?

      Oya, saya nulis artikel terbaru tentang teori ‘konsep pemasaran’ yang mungkin berguna untuk bisang website admin, semoga bermanfaat. 🙂

      Salam, Raafi
      Owner Plaza Bisnis

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Close
    Close

    Adblock Terdeteksi

    Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca