Tips & Trick

7 Cara Mengamankan Perangkat iOS Anda Dari Serangan Hacker

Ketika kita membicarakan tentang hacker mungkin sebagian besar dari kita akan mengaitkan dengan web dan sosial media. Tidak banyak yang percaya bahwa perangkat kita bisa diretas. Padahal pada kenyataannya Apple sendiri menyewa white hat hacker untuk mengidentifikasi sistem keamanan dan memperbaiki bug yang mereka miliki. Namun kenyataannya tidak semua kelemahan keamanan atau bug dapat ditemukan oleh mereka. Selalu ada inovasi teknologi baru setiap harinya, namun hacker juga selalu meningkatkan ketrampilan dan teknik mereka setiap hari. iClouds dan Drives membuat hidup kita lebih mudah, tetapi hal itu juga membuka gerbang bagi hacker untuk masuk ke ponsel dan data kita. Akan tetapi anda tak perlu panik, lebih baik kita selalu berusaha untuk melindungi perangkat kita dari kemungkinan serangan hacker.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi perangkat iOS kita dari ancaman potensial yang dilakukan oleh hacker atau attacker.

1. Atur Kata Sandi Anda lebih maksimal

Awalnya, Apple menawarkan kata sandi empat digit kepada penggunanya, akan tetapi kini Apple sudah meningkatkan panjang kata sandi menjadi 6 digit. Akan tetapi, masih banyak pengguna yang masih memilih menggunakan kata sandi empat digit atau bahkan tidak menggunakan kata sandi sama sekali dengan alasan untuk menghemat waktu. Padahal menggunakan pasword untuk menggunakan ponsel sangat penting untuk keamanan perangkat anda dalam jangka panjang, walaupun mungkin akan terlihat ribet dan tidak simple. Gunakan kombinasi kata sandi yang baik untuk membuka ponsel Anda, kombinasi dari huruf dan angka akan sangat membantu untuk melindungi keamanan ponsel Anda.
Berikut ini cara untuk menetapkan pasword yang aman untuk perangkat iOS Anda.

  • Buka Settings
  • Ketuk touch id & passcode
  • Pilih change passcode
  • Jika Anda ingin menyesuaikan kode sandi Anda, untuk keamanan yang lebih baik, setelah langkah 3:

  • Pilih opsi passcode dan ketuk custom numeric code, atau untuk keamanan yang lebih tinggi, custom alphanumeric code

Gunakan Two-Factor Authentication

Ketika Two-Factor Authentication diaktifkan, seseorang harus menggunakan perangkat tepercaya saat masuk ke perangkat baru. Jadi, misalnya, Anda memiliki iPhone dan memiliki Apple ID, Anda membeli iPad dan ingin menggunakan ID yang sama dengan iPhone Anda. Pada saat masuk ke iPad, Anda akan mendapatkan pesan di iPhone Anda untuk meminta persetujuan; jika Anda menyetujui, kode verifikasi akan ditampilkan di iPhone Anda yang harus Anda masukkan di iPad Apple ID tersebut. Tindakan keamanan ini berguna karena meskipun seseorang memperoleh kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat masuk karena Anda selalu memiliki opsi untuk menyetujui atau menolak upaya untuk masuk tersebut.Berikut ini langkah langkah untuk mengaktifkan fitur ini:

  • Buka settings
  • Ketuk nama anda yang muncul dibawah layar
  • Lanjutkan menuju password & security
  • Pilih two-factor authentication

Update Perangkat anda secara berkala

Sebagian dari pengguna iOS biasanya malas untuk melakukan update karena biasanya sering masih ada bug atau masih belum stabil ketika baru saja meluncurkan update.

  • Buka menu settings
  • Pilih General
  • Pilih software update
Jika sudah ada update, ikuti langkahnya dengan melakukan download dan install.

Ubah password Apple ID secara berkala

Seringkali kita menggunakan pasword yang sama untuk banyak akun online, karena mudah untuk kita ingat. Beberapa situs web bahkan menyimpan kata sandi, dan terkadang kita masuk ke akun kita saat menggunakan Wi-Fi yang tidak aman dan ini bisa menjadi ancaman potensial terhadap keamanan kita. Sebaiknya rubah password Apple ID anda secara berkala setiap 6 bulan sekali dan gunakan kata sandi yang unik sehingga akan menyulitkan hacker untuk meretasnya.
Berikut ini cara untuk mengubah kata sandi Anda:

  • Buka menu settings
  • Ketuk Nama Anda yang ada diatas
  • Pilih password & security
  • Pilih change password

Hati-hati Ketika Membuka Tautan Online

Banyak hacker dan scammer menggunakan links yang mengandung malware untuk bisa mengakses data Anda. Email dan link diberi label yang menarik minat pengguna seperti pekerjaan, atau berita terbaru dan visitor tertarik untuk mengekliknya dan malware atau spam pun bekerja.

Jangan pernah melakukan Jailbreak pada perangkat Anda

Jailbreak memungkinkan pengguna iOS untuk mengakses aplikasi dan software yang biasanya tidak tersedia di App Store mereka. Meskipun ini memiliki manfaatnya, melakukan jailbreak di ponsel Anda juga membuka potensi ancaman, seperti virus dan malware. Selain itu, setelah perangkat Anda dijailbreak, jaminan garansinya menjadi tidak berlaku, dan Apple tidak membantu jika ada masalah dengan perangkat Anda.

Setel Perangkat Anda untuk melakukan Self-Destruct

Sebagai perangkat pribadi yang sensitif, bisa saja ponsel anda kemungkinan dicuri orang. Jika ponsel anda rawan dicuri orang sebaiknya gunakan fitur self-destruct. Fitur ini akan otomatis menghapus seluruh data ketika terjadi kegagalan upaya untuk masuk keperangkat Anda hingga 10 kali. Cara ini memang terkesan agak ekstrem, tapi ini bisa sangat berguna bagi seseorang yang tidak ingin datanya disalahgunakan oleh orang lain. Akan tetapi sangat lebih baik jika kita melakukan backup iCloud otomatis jadi anda tidak kehilangan data ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca