Aplikasi

9 Aplikasi Android Berbahaya Yang Tidak Perlu Anda Gunakan

Ada banyak aplikasi smartphone yang keberadaannya dapat memaksimalkan fungsi smartphone anda atau untuk membantu mempermudah pekerjaan anda. Karena banyaknya aplikasi yang ditawarkan tentu saja kita harus lebih selektif dalam memilih jenis dan nama aplikasi yang akan kita gunakan. Ada banyak aplikasi yang dibuat hanya untuk memberikan keuntungan sepihak bagi pengembangnya saja.

Karena salah memilih, bukannya membantu mempercepat pekerjaan atau memaksimalkan fungsi smartphone tapi justru dapat memperberat smartphone atau salah salah malah menjadikan data kita dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa Aplikasi Android berbahaya yang sebaiknya segera anda hapus dari smartphone kamu.

  • Aplikasi cuaca

  • Dulu Aplikasi cuaca merupakan aplikasi yang cukup populer untuk memantau cuaca melalui smartphone android kita.Tetapi akhirnya ditemukan beberapa aplikasi cuaca yang beredar ternyata mengandung virus berbahaya. Pernah terjadi sebuah kasus dimana sebuah aplikasi cuaca mengandung trojan bawaan yang mengoleksi informasi dari ponsel pengguna dan mengirimkannya kepada hacker. Untungnya saat ini beberpa smartphone telah memiliki aplikasi cuaca bawaan yang lebih terpercaya sehingga kita tidak perlu lagi mengunduhnya di play store.

  • Aplikasi Sosial Media

  • Seperti kita ketahui media sosial sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kaum milenial. Aplikasi sosial media, mungkin merupakan aplikasi yang hampir semua pengguna smartphone menginstallnya di smartphone mereka. Sebenarnya Aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan hacker, akan tetapi aplikasi ini terlalu banyak menyedot daya dan membuat baterai smartphone kita cepat habis. Beberapa orang beranggapan menggunakan sosial media dengan browser smartphone menjadi lebih mudah dan lebih menghemat baterai.

  • Optimizer

  • Optimizer seperti clean master seharusnya menjaga ponsel Anda dengan membersihkan cache dan menghapus program yang tidak perlu tetapi kebanyakan smartphone sekarang ini telah dilengkapi dengan fungsi ini. Sehingga anda tidak perlu lagi menginstall Aplikasi optimizer lain yang bukannya membuat ponsel anda menjadi lebih cepat tapi justru membuat smartphone anda boros baterai, bahkan aplikasi ini hanya digunakan sebagai penampil iklan oleh pengembangnya.

  • Built in Browser (Peramban Bawaan)

  • Pada beberapa ponsel biasanya sudah ada peramban atau browser bawaan. Sebagian built in browser ini kinerjanya lambat dan kurang begitu ppuler. Biasanya built in browser ini otomatis terbuka ketika kita membuka sebuah tautan. Tidak seperti halnya dengan Chrome atau browser populer lainnya, browser ini tidak memiliki perlindungan dari intersepsi data dan membuat kinerja ponsel anda menjadi lambat.

  • Antivirus dari pengembang yang tidak dikenal

  • Sejak terjadinya beberapa kasus pencurian data pada ponsel, banyak aplikasi anti virus untuk ponsel mulai bermunculan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para peretas untuk mengembangkan aplikasi anti virus. Aplikasi antivirus tersebut bukan melindungi ponsel tapi justru digunakan untuk mencuri data pengguna atau bahkan memblokir telepon secara keseluruhan.

  • Browser dengan fitur tambahan

  • Kategori ini mencakup browser dengan fitur-fitur khusus, seperti menonton video dan streaming. Namun, aplikasi semacam itu justru membuat dua kerugian serius bagi penggunanya. Pertama, Munculnya iklan yang cukup mengganggu. Iklan yang muncul sangat mengganggu serta membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Kedua, aplikasi memerlukan akses ke banyak bagian sistem ponsel, bahkan mengelola panggilan. Tentu saja ini sangat tidak bagus untuk keamanan data pengguna.

  • Aplikasi untuk meningkatkan RAM

  • Aplikasi yang menawarkan Peningkatan jumlah RAM sebetulnya hanyalah Optimizers. Aplikasi tersebut sebenarnya hanya mengosongkan RAM sementara, Sejatinya fitur ini sudah ada pada bawaan ponsel. Soal kapasitas RAM sebetunya anda tidak akan mendapatkan lebih dari kapasitas bawaan yang dimiliki oleh ponsel. Aplikasi aplikasi tersebut hanyalah akan memperlambat kinerja ponsel anda dan mengumpulkan data ponsel anda.

  • Aplikasi Deteksi Kebohongan

  • Untuk mendeteksi kebohongan sebenarnya ponsel memerlukan sensor biometrik untuk membaca perubahan detak jantung, yang menjadi indikator bohong atau tidaknya seseorang. Akan tetapi sampai saat ini tidak ada satupun ponsel yang memiliki sensor ini. Dengan kata lain Aplikasi Deteksi kebohongan pada ponsel tidaklah berguna. Aplikasi tersebut hanya akan membuat ponsel anda menjadi lambat dan boros daya, serta memungkinkan mereka mencuri data anda.

  • Aplikasi defragmentasi

  • Aplikasi Defragmen ini awalnya cukup populer di kalangan pengguna ponsel, mereka mengira aplikasi ini memiliki fungsi yang sama seperti yang berjalan di komputer. Akan tetapi ponsel tidak memiliki hard drive yang bisa di defrag oleh aplikasi ini. Mereka hanya menganalisis berapa banyak space yang digunakan oleh aplikasi.Selebihnya aplikasi defragmentasi ini hanya akan menjadikan ponsel anda boros daya dan memungkinkan mereka mengumpulkan data data anda.

Ada banyak sekali aplikasi baru yang diunggah di play store setiap harinya, sehingga Google pun tidak memungkinkan untuk memeriksa dan melacak keamanan setiap aplikasi yang dibuat. Keamanan setiap perangkat ponsel atau smartphone anda, bergantung pada anda sendiri. Beritahukan kepada kami di komentar, berapa banyak aplikasi berbahaya yang tercantum dalam daftar diatas yang ada pada ponsel kamu.

Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca