Website

Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection Di WordPress

Saat melakukan pencarian di internet mungkin beberapa kali kita menemukan web yang mengalami Error Establishing a Database Connection. Beberapa diantaranya adalah web yang menggunakan engine WordPress. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan error tersebut pada website wordpress, oleh karena itu butuh beberapa cara untuk dan mendeteksi penyebab serta untuk mengatasi Error Establishing a Database Connection yang terjadi.

Penyebab Error Establishing a Database Connection

Error ini terjadi karena wordpress tidak dapat membuat koneksi dengan database, alasan yang membuat wordpress tidak dapat tersambung dengan database ada beberapa macam, bisa jadi karena data kredensial untuk login ke database anda salah atau telah diubah. Bisa juga karena server database yang tidak responsif, atau mungkin masalah database yang rusak. Jangan lupa apabila web anda mengalami masalah ini, cari tau penyebab yang mungkin terjadi sehingga error dapat kita atasi dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui penyebab serta memperbaiki error yang terjadi.

Apakah masalah juga terjadi pada /wp-admin/ juga?
Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika mengalami masalah ini adalah memastikan apakah error yang sama juga muncul ketika kita mengakses /wp-admin/. Jika pesan “Error Establishing a Database Connection” muncul pada front end (tampilan web) maupun back end(/wp-admin/) anda bisa melanjutkan ke cara berikutnya, namun jika pesan error pada keduanya berbeda misalnya ““One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired” maka anda perlu untuk melakukan perbaikan (repair) database. Untuk memperbaiki database yang rusak anda bisa menambahkan baris berikut di file wp-config.php Anda. Tambahkan pada baris sebelum ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’ pada wp-config.php Anda.


define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Setelah anda selesai menambahkan baris kode tersebut maka anda dapat mengunjungi halaman pengaturan dengan mengakses halaman ini http://www.websitekamu.com/wp-admin/maint/repair.php

Repair database untuk mengatasi Error Establishing Database Connection
@wpbeginer.com

Untuk mengakses fungsionalitas untuk merepair database ini Anda tidak perlu untuk melakukan login ke website Anda. Karena apabila database rusak seringkali kita tidak dapat melakukan login. Setelah database selesai kita repair dengan cara ini dan sudah kembali berfungsi dengan baik, segera hapus baris kode yang tadi telah kita tambahkan. Jika dengan menggunakan cara ini Anda tetap dihadapkan pada masalah ini, maka anda bisa lanjut ke solusi berikutnya.

Periksa file WP-Config
Wp-config merupakan file yang sangat penting pada website berbasis WordPress. Karena pada file ini terdapat rincian untuk login dan tersambung dengan database. Jika anda pernah mengubah password root atau pasword database Anda, maka anda wajib mengubah file ini menyesuaikan perubahan data yang telah Anda lakukan. Pastikan semua data pada file wp-config ini telah sama.

define('DB_NAME', 'database-name');
define('DB_USER', 'database-username');
define('DB_PASSWORD', 'database-password');
define('DB_HOST', 'localhost');

Ingat value pada DB_HOST Anda mungkin tidak selalu menjadi localhost. Tergantung pada hosting yang anda gunakan. Akan tetapi sebagian besar hosting populer seperti HostGator, BlueHost, SiteGround, itu adalah localhost. Jika semua data dalam file tersebut sudah benar (pastikan tidak ada kesalahan ketik), namun maslah tidak juga teratasi, sangat mungkin kesalahan ada pada server.

Periksa Host Web Anda (Server MySQL)
Ketika website kita dibanjiri oleh pengunjung, kadang website akan mengalami Error establishing database connection. Biasanya hal ini terjadi karena hosting anda (biasanya terjadi pada shared hosting) tidak mampu menampung beban lonjakan trafik web anda. Biasanya mengakibatkan hosting menjadi lambat dan kadang kala muncul error tersebut. Untuk hal ini anda perlu menanyakannya kepada pihak server apakah MySQL server anda responsif atau tidak.

Namun jika anda ingin melakukan test sendiri, anda bisa melakukan beberapa hal. Yang pertama cek apakah website Anda yang lain yang ada pada hosting yang sama juga mengalami masalah yang sama atau tidak. Jika semuanya mengalami masalah yang sama, pasti ada yang salah pada MySQL server Anda. Jika tidak ada situs lain di akun hosting yang sama ini, cukup buka cPanel Anda dan coba akses phpMyAdmin dan hubungkan database. Jika Anda dapat terhubung, maka kita perlu memverifikasi apakah pengguna database Anda memiliki izin yang cukup. Buat file baru bernama testconnection.php dan masukkan kode berikut di dalamnya:

< ?php $link = mysqli_connect('localhost', 'username', 'password'); if (!$link) { die('Could not connect: ' . mysqli_error()); } echo 'Connected successfully'; mysqli_close($link); ?>

Sesuaikan username dan password anda, Jika skrip terhubung dengan baik, maka itu berarti bahwa user Anda memiliki izin yang cukup, dan ada hal lain yang salah. Kembali ke file wp-config Anda untuk memastikan bahwa semua yang ada benar (periksa ulang tidak ada kesalahan ketik). Jika Anda tidak dapat terhubung ke database dengan pergi ke phpMyAdmin, maka Anda tahu itu bahwa ada yang tidak beres dengan server Anda. Bukan berarti server MySQL Anda sedang down. Bisa juga karena user Anda tidak memiliki izin yang memadai. Sebaiknya segera hubungi pihak hosting anda untuk segera memperoleh solusi.

Itulah beberapa cara yang mungkin dapat menjadi solusi jika website anda mengalami Error Establishing a Database Connection. Pastikan anda melakukan backup database terlebih dahulu sebelum melakukan langkah langkah perbaikan diatas.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca