Komputer

Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows

Recovery Data di Windows Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows

Dalam Dunia modern komputer adalah alat wajib sebagai penunjang pekerjaan, oleh karena itu banyak file berupa text , video, gambar atau file lainnya yang tersimpan dalam komputer kita. Agar tidak terlalu penuh seringkali kita perlu menghapus beberapa file atau data yang kita anggap tidak terlalu penting.

Namun dalam beberapa kasus kita sering salah menghapus file atau data yang masih kita perlukan dan kita ingin mengembalikan lagi file atau data yang telah hilang terhapus tersebut. Jika hal ini terjadi pada kita, maka buru buru kita menuju recycle bin untuk merecovery kembali file yang telah kita hapus tadi. Akan tetapi cara ini tidak akan berguna apabila kita telah mengosongkan recycle bin. Data yang hilang bisa juga karena beberapa alasan seperti kegagalan sistem, pemformatan, file yang hilang, kesalahan format, dll. Oleh karena itu kita perlu melakukan pemulihan file yang terhapus dengan Software Recovery data.

Untuk memulihkan file yang hilang tersebut baik di Mac maupun Windows kita bisa menggunakan sebuah software EaseUS Data Recovery Wizard.

Fitur Utama EaseUS Data Recovery Wizard

  • Memulihkan file yang terhapus
  • Memulihkan file yang terformat
  • Pemulihan Partisi data yang hilang
  • Pemulihan data karena kegagalan sistem
  • Gagal menginstal ulang atau memperbarui
  • Hard disk atau File System korup
  • Tiba tiba Mati
  • Kegagalan Software / Software Failure
  • Terputusnya media penyimpanan selama proses penulisan
  • Kesalahan pemindahan kartu memori
  • Simpan file yang hilang ketika kartu memori tidak bisa dibaca atau diakses
Catatan :Dengan Jika menggunakan versi trial dari EaseUS data recovery wizard, Data yang bisa kita recovery sebesar 500 MB. Jika Anda share software di Facebook, Twitter atau Google + maka data yang bisa dipulihkan sebesar 2GB.

Bagaimana cara memulihkan file yang dihapus di Windows dengan EaseUS Data Recovery Wizard ?

Software ini juga berfungsi untuk memulihkan file yang telah dihapus pada PC Anda dengan sistem operasi Windows. Dalam hal ini, kita dapat dengan mudah memulihkan data dari PC, laptop, hard drive, SSD, memori USB, kartu memori, kamera digital atau perangkat penyimpanan lainnya.

software recovery data

Langkah 1 – Download EaseUS Free
Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk memulihkan data kita yang hilang atau terhapus adalah dengan download software yang akan kita gunakan yaitu EaseUS disini. setelah sotware selesai kita download maka akan muncul ikon di desktop PC anda. Klik untuk melakukan pemulihan data tersebut.

Langkah 2 – Pilih Disk Drive
Pilih disk drive di mana Anda ingin memulihkan data dengan memilihnya. Setelah Anda melakukannya, tekan tombol scan di bagian bawah layar.

Langkah 3 – Pilih Folder dan File
Sekarang, di layar baru, beberapa folder akan muncul di margin di sebelah kiri; yang akan berisi informasi yang terhapus di PC Anda.

Jika Anda memilih salah satunya, subfolder pertama akan muncul. Temukan folder tempat file yang ingin Anda pulihkan berada. Anda dapat melihat informasi yang ada di kolom utama layar.

Langkah 4 – Pilih Restore
Setelah selesai, centang kotak untuk memilih folder itu. Ketika Anda telah menandainya, klik “Restore” yang terletak di sudut kanan bawah layar untuk mengambil kembali informasi.

Langkah 5 – Pilih Lokasi
Pilih lokasi dimana anda akan menempatkan file yang akan kita restore /pulihkan di PC yang anda gunakan. Proses pemulihan data mungkin akan memerlukan waktu beberapa menit tergantung besarnya data yang kita recovery.

Ketika proses telah selesai, pesan berikut akan muncul di layar PC Anda dan Anda dapat menggunakan kembali informasi yang dihapus dengan mencarinya di lokasi yang Anda pilih pada langkah sebelumnya. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca