Tips & Trick

Cara Mengamankan Data Pribadi Anda Pada Smartphone Agar Tidak Di Salah Gunakan Pihak Tertentu

Seputar Masalah Smartphone

Jika dulu kita hanya menggunakan hp sebagai alat untuk menelepon, SMS dan main game ular ularan, semenjak adanya koneksi internet, fungsinya pun terus berkembang sampai sampai bisa melampaui beberapa perangkat gadget, smartphone ini pada ahirnya mampu menggabungkan bebrapa fungsi perangkat ke dalam 1 benda kecil yang bisa di genggam dengan satu tangan.

source : youtube

Namun di sisi lain Smartphone juga memiliki sejumlah kerentanan terhadap privasi pengguna. Pasalnya ada banyak aplikasi yang meminta akses untuk mengontrol kamera, microphone hingga mengetahui lokasi pengguna meski aplikasi bersangkutan sedang tidak di jalankan. Pada faktanya memang sejumlah aplikasi membutuhkan data data tersebut, tapi tidak semua orang rela menyerahkan data-data secara cuma cuma kepada mereka.

Aplikasi Blokir Panggilan
@pexels.com

Nah, jika kalian termasuk salah satu yang mengkhawatirkan soal privasi ketika menggunakan smartphone, ada beberapa cara untuk melindunginya. dan berikut ini adalah penjabarannya :

 

1. Jangan Terlalu Narsis.

source : Hollywood

Semua foto yang diambil menggunakan smartphone dilengkapi dengan metadata. Artinya, segala hal ada di dalamnya mulai dari jenis kamera hingga lokasi bisa di pantau beberapa aplikasi yang memperoleh izin akses ke perangkat tersebut. Hal semacam ini disebut sebagai geotagging dan banyak smartphone menetapkan fitur tersebut dengan pengaturan default. Kemungkinan terburuk dari hal ini adalah Jika seorang penjahat ingin tahu tempat tinggal kalian, mereka bisa menemukan koordinat GPS dengan meng-klik foto rumah yang diunggah di media sosial seperti Facebook. Untuk mencegah hal semacam ini terjadi, sebaiknya fitur tersebut tidak diaktifkan.

2. Perhatikan pengaturan lokasi.

source: youtube

Smartphone saat ini kebanyakan menyimpan lebih banyak informasi berupa data data kalian. sikap kritis sangat diperlukan di sini agar bisa mengatur privasi dan menyesuaikannya. Riwayat lokasi pengguna bisa dilacak di dalam ponsel. Ketika akun Google diaktifkan, data kalian juga akan tersimpan di dalamnya. solusi untuk masalah ini, kalian bisa mengubah pengaturan “location history” dengan tidak mengaktifkannya.

3. Jangan terima semua permintaan aplikasi.

Xiaomi Mi Mix Kamera Flagship Full Sreen 5g
@Droid-life.com

Ketika kalian memasang sebuah aplikasi, biasanya akan ada permohonan izin untuk sejumlah hal. Kalian sebenarnya tidak perlu memberikan izin untuk semua yang diinginkan karena mungkin saja ada upaya pengumpulan data jangka panjang yang berfungsi untuk suat hal tertentu demi kepentigan aplikasi. Untuk menolak klik saja “Deny” ketika aplikasi meminta izin akses ke aplikasi.

iPhone tidak mau menyala karena baterai kosong

Nah itulah Cara Mengamankan Data Pribadi Anda Pada Smartphone Agar Tidak Di Salah Gunakan Pihak Tertentu, semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan share pendapat kalian di kolom komentar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca