Tips & Trick

Cara Mengambil Screenshot di Smartphone Android

4 Cara Mengambil Screenshot di Android, dan Cara Merekam Video di Layar Anda

Pada sebagian besar perangkat Android, cara termudah untuk mengambil screenshot adalah dengan menekan tombol power dan volume turun. Layar akan berkedip, dan akan muncul notifikasi yang mengarah ke gambar hasil screenshot baru di galeri Anda. Untuk perangkat yang tidak dapat mengambil screenshot dengan cara menekan tombol power dan volume tururn secara bersamaan, di bawah ini kita akan bahas metode alternatif yang bisa dilakukan untuk pengambilan screenshot di Android.

Meminta Asisten Google untuk mengambil Screenshot

Google telah mnyediakan alat canggih berupa Artificial Inteligent yang disebut Google Assistant yang bertugas untuk membantu pengguna Android untuk melakukan sesuatu atau mencari sesuatu di Google. Hanya dengan perintah “Ok Google” kita dapat meminta Google untuk melakukan sesuatu, termasuk mengambil screenshot di layar smartphone Anda.

Anda dapat mengatur ini dengan meluncurkan aplikasi Google Home, mengklik ikon Akun di bagian kanan bawah kemudian pilih setting. Pilih tab Assistant kemudian pilih telepon Anda di bawah Perangkat asisten. Pastikan ”Access with Voice Match’ diaktifkan. Sekarang Anda bisa meminta google dengan mengatakan: “Oke Google, ambil screenshot”.

Gunakan Screenshot Gestures

Beberapa smartphone Android memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cara menggesekkan telapak tangan, tapi Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Anda dapat menemukan saklar pada Settings > Advanced Features > Palm Swipe untuk mengambil screenshot. Ponsel Samsung memiliki beberapa opsi screenshot tambahan seperti Smart Select dan Scroll Capture.

Periksa opsi screenshot di tempat lain pada UI

Terkadang Anda akan menemukan tombol tangkapan layar di antarmuka pengguna ponsel atau tablet. Tempat umum untuk ini termasuk bilah notifikasi drop-down, dan di Quick Ball jika perangkat Anda mendukung fitur tersebut.

Cara Merekam Layar di Android

Screencasts sekarang tersedia di semua perangkat Android Lollipop atau yang lebih baru. Anda mungkin memiliki aplikasi ini tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu – tetapi jika tidak Anda bisa mengunjungi Google Play dan cari Screen Recorder. Salah satu aplikasi diantaranya adalah Riv Screen Recorder. Ini adalah aplikasi gratis, tapi sekarang juga sudah banyak opsi lain yang perlu di coba.

Cukup instal aplikasi, klik Open, dan tekan tombol Start Recording untuk memulai screencast Anda. Tekan Stop Recording ketika Anda sudah selesai, dan file akan muncul di jendela utama dengan opsi playback, sharing dan delete.

Anda dapat menggunakan video editor di ponsel Anda untuk melakukan pengeditan hasil video sebelum di unggah ke sosial media atau sekedar disimpan sebagai koleksi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca