Tips & Trick

Cara Mengatasi Kerusakan Sim Card Pada Smartphone

Cara Mengatasi Kerusakan Sim Card Pada Smartphone

Jika kamu mengalami SIM card yang kamu gunakan tiba-tiba error dan tidak terbaca, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebabnya, jangan langsung bilang gadgetnya yang rusak.

Nah ternyata ada beberapa penyebab yang membuat SIM card menjadi tidak terbaca dan terdeteksi di smartphone Android.

Berikut adalah ulasanya :

1. Kuningan Yang Menempel di SIM Card Sudah Rusak

Kuningan adalah komponen terpenting dalam SIM card karena berisikan data-data pengguna. Lembaran kuningan ini selain rusak termakan waktu, bisa jadi rusak karena sering kamu pindahkan sehingga akan lebih banyak mengalami gesekan.

2. Usia Pakai SIM Card Sudah Terlalu Tua

Setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga SIM card yang memiliki masa pakai beragam. Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan.

3. SIM Card Overheat

Panas yang berlebih Pada Gadget terkadang terjadi di beberapa smartphone Android. Posisi kartu SIM umumnya terletak dekat komponen rawan panas menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data datanya.

Namun jangan khawatir, Ada kok solusi mengenai cara mengatasi SIM card yang tida

k terbaca dan error di smartphone Android, berikut ini adalah tipsnya:

1. Bersihkan SIM Card

Buka serta lepaskanSIM Card yang tidak terbaca dari slot smartphone Anda,kemudianbersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM. Selanjutnya pasang kembali kembali smartphone dan tunggu hingga SIM card siap untuk di gunakan kembali.

2. Matikan Smartphone dan Coba dengan SIM Card Lain

Jika langkah pertama btidak berhasil, cobalah untuk menggunakan SIM card lainnya pada smartphone kamu. Lakukan hal yang sama pada SIM card milikmu pada smartphone lainnya untuk mendeteksi kerusakan. Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan adalah SIM card yang tidak eror tadi telah rusak. Namun jika SIM berfungsi di smartphone Android lain, bisa saja komponen yang ada di dalam mengalami malfungsi.

3. Atur Ulang Jaringan

Selain itu bisa saja masalah datang dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang kamu gunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan di smartphone Android kamu. Jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

4. Factory Reset Android

Jika ketiga cara sebelumnya dirasa memang belum berhasil, kamu bisa melakukan factory reset Android yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula, sama seperti pengaturan pabrik alias seperti baru Namun dengan melakukan cara seperti ini kamu setidaknya harus waspada. Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan terhapus. Sehingga jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data penting.

5. Konsultasi ke Customer Service

Terakhir langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi dan menghubungi customer service terdekat untuk mengatasi masalah SIM card tidak terbaca di smartphone Android. Dengan begini kamu bisa berkonsultasi dan mengetahui masalah yang terjadi.

Nah jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.

Untuk mendapatkannya, kamu akan melalui beberapa tahap sebelum mendapatkan SIM card baru dengan nomor yang sesuai dengan yang lama.

Nah itulah pembahasan Cara Mengatasi Kerusakan Sim Card Pada Smartphone. Barangkali ada yang mau nambahin,boleh share pendapatnya di kolom komentar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca