Tips & Trick

Cara Menyingkirkan Virus Android Dari Ponsel Anda

Pelajari cara mengetahui apakah ponsel Anda terkena virus - dan apa yang perlu Anda lakukan

Meskipun jarang sekali aplikasi jahat bisa masuk ke Google Play Store, akan tetapi banyak sekali aplikasi aplikasi berbahaya yang beredar di situs situs pihak ke tiga yang tentunya kita tidak mudah untuk menyaringnya. Seringkali, aplikasi jahat akan memengaruhi kinerja ponsel Anda, bahkan resiko paling buruk, data pribadi Anda, seperti kata sandi atau informasi pembayaran, dapat diambil dan diekspos oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut cara menyingkirkan virus Android dan menghapusnya.

Cara mengetahui bahwa ponsel Anda terinfeksi virus.

Biasanya, jika ponsel Anda terkena virus, biasanya akan mengalami masalah. Mungkin tiba-tiba menjadi sangat lambat, atau Anda mungkin melihat jumlah penggunaan data yang tidak wajar. Atau kemungkinan lain yang lebih buruk, Anda dapat menemukan pembelian dalam aplikasi yang tidak anda kenali. Jika ponsel Anda memiliki virus, kemungkinan Anda tidak akan melihat pop-up yang memberi tahu Anda tentang situasi dan menawarkan bantuan.

Penting : Jika menemukan pop up yang berisi pesan error tentang kondisi komputer Anda, sebaiknya jangan terpengaruh dan abaikan saja. Karena bisa jadi Anda justru diarahkan ke website atau aplikasi yang berbahaya yang mungkin justru akan menyebabkan perangkat Android Anda terinfeksi virus.

Cara Menyingkirkan Virus di Ponsel Android Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghapus virus adalah me-reboot ponsel cerdas Anda dalam safe mode. Tergantung pada versi Android yang dijalankan oleh ponsel cerdas Anda, Anda akan melakukan satu dari dua hal untuk mengaktifkan safe mode.

Android Safe Mode
source :lifewire.com
1. Pertama, coba tahan tombol power pada ponsel cerdas Anda, lalu ketuk dan tahan power off.
2. Ketuk OK pada layar pop-up Reboot untuk masuk safe mode.
Catatan: Jika itu tidak berhasil, tekan dan tahan tombol power, lalu ketuk power off. Selanjutnya, tahan tombol power lagi sampai logo pabrikan muncul, lalu tahan tombol volume bawah hingga perangkat Anda dinyalakan dan Anda melihat safe mode di bagian bawah layar.

3. Setelah Anda masuk safe mode, buka menu Settings > Apps > Downloaded.
4. Periksa daftar aplikasi apa pun yang Anda curigai atau yang Anda merasa tidak pernah mengunduhnya. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu uninstall.
Catatan: Jika tombol uninstall tidak muncul, ini berarti Anda mungkin secara tidak sadar telah memberikan akses admin aplikasi. Cari tahu dengan masuk ke Find out by going to Settings > Security > Device admin apps.. Pindahkan sakelar ke posisi tidak aktif untuk semua aplikasi yang seharusnya tidak memiliki akses, lalu ketuk Deactivate pada layar berikutnya. Anda kemudian dapat menghapus aplikasi tersebut.

Keluar dari safe mode dengan mudah. Cukup restart telepon Anda dengan menahan tombol power dan pilih restart.

Jika semua langkah gagal, Anda dapat melakukan factory reset, tetapi Anda harus download ulang sebagian besar aplikasi Anda, dan Anda akan kehilangan data apa pun yang tidak dibackup.

Buka Settings > System > Reset options > Erase all data (factory reset). Tergantung pada versi Android Anda, opsi reset pabrik mungkin berada pada menu Backup & reset > Factory data reset and Reset phone. Cari “reset” di aplikasi setting jika Anda kesulitan menemukannya.Anda harus memasukkan passcode Anda untuk menyelesaikan proses.

Mencegah Virus di Android Anda

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau mencegah virus masuk di Android.

Mencegah virus pada Android
source :lifewire.com
  • Pastikan ponsel Anda up to date: Anda dapat melihat pembaruan keamanan terbaru di bawah Security di menu Settings Anda.
  • Google Play Protect: ini secara teratur memindai ponsel Anda dari malware, dan harus diaktifkan secara default jika ponsel Anda up to date. Periksa dengan masuk ke Settings> Google> Security> Google Play Protect. Jika sakelar di sebelah Scan device for security threats tidak aktif, aktifkan. Di atas itu, Anda akan melihat apakah ada aplikasi berbahaya di ponsel Anda. Jika tidak, akan terlihat “Looks good.”
  • Hindari memasang aplikasi di luar Google Play store:
    – Pada ponsel yang menjalankan Android 7.0 Nougat dan sebelumnya Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi yang tidak ada di Google Play store dengan masuk ke Settings> Security> Unknown Sources dan centang kotak di sebelahnya.
    – Untuk Android 8.0 Oreo dan yang lebih baru, pengaturan itu tidak lagi tersedia, dan mengunduh aplikasi non-Google Play lebih sulit. Anda harus mengunduh file APK; dan membukanya ketika akan menginstal aplikasi.
  • Hindari aplikasi kloningan : hati-hati terhadap aplikasi kloningan yang menyerupai aplikasi yang asli, tetapi miliki nama pengembang yang berbeda. Terkadang klon-klon ini hanya berusaha mendapatkan pendapatan iklan sampai Anda mengetahui kesalahan Anda, atau lebih buruk lagi, mencoba mencuri identitas Anda. Dalam hal apa pun, pastikan untuk memverifikasi pembuat aplikasi sebelum mengunduh aplikasi apa pun. Sebagian kloningan justru merupakan aplikasi berbahaya
  • Gunakan aplikasi pemindai virus Android: untuk keamanan ekstra, pertimbangkan mengunduh aplikasi antivirus tambahan jika ada sesuatu yang lolos dari Google Play Protect. Ada banyak aplikasi antivirus gratis untuk Android dari perusahaan keamanan berperingkat terbaik.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca