Tips & Trick

Cara Transfer Data dari PC Lama ke Mac Baru Anda

Memindahkan data dari komputer lama ke komputer bagi yang belum terbiasa atau ahli tentu akan bikin sedikit sakit kepala, Apalagi jika kita menggunakan platform yang berbeda misalnya dari PC Windows ke Mac. Tapi anda tak perlu bingung karena ada beberapa cara untuk Transfer data dari PC lama ke Mac baru Anda, jadi Anda bisa menyiapkan Mac baru dan siap untuk digunakan untuk pemindahan data.

Ada berbagai cara untuk mentransfer data dari PC lama Anda ke Mac baru Anda. Anda dapat mengirimkan file Anda ke hard drive eksternal dan mentransfernya secara manual, mengatur pembagian jaringan antara kedua sistem, atau menyinkronkannya menggunakan akun penyimpanan cloud. Ada juga Windows Migration Assistant, alat khusus yang dibuat Apple untuk membantu pekerjaan ini. Kedua komputer harus berada di jaringan yang sama untuk menggunakan alat ini, tetapi setelah itu tidak ada persyaratan sulit lainnya.

Berikut ini cara untuk menggunakan Windows Migration Assistant untun mentransfer file.

Langkah Pertama: Siapkan komputer windows Anda
Untuk memulai proses pertama ini, mulailah dengan PC Windows Anda. Buka browser yang anda suka. Buka halaman ini https://support.apple.com/en-us/HT204087 yang terletak di basis data bantuan resmi Apple dengan tautan ke program Windows Migration Assistant untuk setiap versi berbagai macOS di Mac baru Anda. Anda akan memasang aplikasi ini di komputer Windows Anda.
Windows Migration Assistant
Pilih link download yang sesuai untuk versi macOS di komputer baru Anda dan klik tautan untuk menuju halaman download. Sesampai di sana, klik tombol biru “Download”.
Download Windows Migration Assistant
Setelah Selesai mendownload Windows Migration Assistant, pastikan Anda menutup semua aplikasi Windows yang terbuka, lalu buka indows Migration Assistant dengan mengklik dua kali. Di jendela Migration Assistant, klik “Continue” untuk memprosesnya.
Aplikasi Windows Migration Assistant
Biarkan PC Anda tersedia di layar berikutnya, di mana kode akan segera muncul.Jangan khawatir kita akan kembali lagi disini nanti.

Langkah Kedua: Siapkan Mac Anda
Setelah selesai menyiapkan komputer Windows Anda, Sekarang Nyalakan Mac Anda. Buka Mac Migration Assistant, Anda bisa menemukannya di folder Utilities.
Mac Migration Assistant
Saat Anda membuka Migration Assistant di Mac dan mengklik “Continue,” semua aplikasi di Mac akan ditutup, jadi pastikan Anda sudah siap untuk melanjutkan proses ini ketika melakukannya.
Proses Transfer File Menggunakan Mac Migration Assistant
Pada layar berikutnya, pilih opsi ini “From a Windows PC.” kemudian klik “Continue” melalui panah di bagian bawah layar.
Migrasi File Dari Windows Ke Mac
Layar berikutnya akan muncul passcode untuk Mac tempat Anda memigrasikan data. Anda akan melihat PC Anda juga menunjukkan kode yang sama pada instance Migration Assistant. Layar akan terlihat sama saat Anda menjalankan kedua komputer ini.

Migration Assistant untuk transfer file dari windows ke mac
Pastikan bahwa kedua komputer menampilkan kode yang sama. Selanjutnya, klik “Continue” pada PC Anda terlebih dahulu dan kemudian lakukan hal yang sama pada Mac Anda.
Prosen transfer file windows ke mac

Sisa proses transfer file akan fokus di Mac Anda

Langkah Ketiga: Pilih Data yang akan ditransfer
Ketika Anda memilih “Contine,” Migration Assistant pada Mac Anda akan memindai daftar file yang dapat Anda migrasi ke komputer Mac Anda. Setelah selesai, ia akan menampilkan semua file yang ditemukan, dipisahkan oleh user. Pilih data yang ingin Anda pindahkan dan kemudian klik “Continue.”
Pilih gambar untuk transfer file dari windows ke mac

Setelah Anda melakukan ini, proses transfer data akan dimulai, dan Anda akan diperlihatkan ETA sampai selesai. Transfer dapat membutuhkan waktu beberapa saat sampai dengan selesai, tergantung pada seberapa banyak data dan seberapa besar file yang Anda transfer, dan Asisten akan memberi tahu Anda jika proses pemindahan file sudah selesai.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca