Berita

China Yang Membuat Matahari Buatan Yang Panasnya Seperti Neraka ?

Penemuan Menggemparkan Di Dunia

Cina memang terkenal sebagai negara peniru paling kreatif di dunia,namun taukah anda jika kini matahari pun di tiru oleh ilmuan asal negri ini, Matahari buatan ini di ciptakan oleh  sejumlah ilmuwan dari Hefei Institute of Physical Science of the Chinese Academy of Science, yang di klaim dapat menghasilkan listrik dan membantu untuk memecahkan krisis energi global saat ini.

source: youtube

Terobosan ini pada dasarnya memanfaatkan energi fusi nuklir. Panas yang dihasilkan matahari buatan ini mencapai 50 juta kelvin atau hampir mendekati 50 juta derajat celsius. Sedangkan panas dari inti matahari asli dilaporkan sekitar 15 juta derajat celsius. dan saat di uji coba Panas matahari buatan yan berada pada kisaran 50 juta kelvin itu bertahan selama 102 detik pada uji coba pertamanya.

Dalam menciptakan matahari buatan ini, peneliti China menggunakan metode yang sedikit berbeda dari biasanya, Jika pada umumnya proses pembelahan atomnya menggunakan isotop uranium. Kali ini, ilmuwan China menggunakan dua inti atom atau lebih, sehingga ketika 2 inti itu bertabrakan mereka menghasilkan inti baru.

source: youtube

Peneliti juga menjelaskan bahwa pada proses fusi nuklir ini, isotop Hidrogen Deuerium dan Trutium bertabrakan dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan zat yang bernama Helium.

Terobosan China kali ini itu menempatkan Negeri Tirai Bambu itu setara dengan kemampuan ilmuan dari Uni Eropa, Amerika Serikat, Rusia serta Jepang yang merupakan negara terdepan dalam teknologi fusi. Penelitian tim China itu dilaporkan akan dilakukan di Brazil, Korea Selatan dan Kanada.

source: youtube

Kemudian selanjutnya penelitain itu di lanjutkan oleh Tim ilmuwan dari Institut Fisika Plasma Cina dan mengumumkan bahwa untuk minggu ini plasma dalam proyek penelitian bernama Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) yang disebut ‘matahari buatan’ telah mencapai 100 juta derajat Celsius.

Cara yang di pakai untuk mencapai fusi nuklir mencapai 100 juta derajat Celsius di bumi kali ini adalah dengan menggunakan apa yang disebut tokamak, sebuah alat yang digunakan untuk mencontoh proses fusi nuklir yang terjadi secara alamiah di matahari dan bintang untuk menghasilkan energi. Reaktor EAST yang bisa menghasilkan energi 100 juta derajat Celsius tersebut tingginya 11 meter, dengan diameter delapan meter, dan berat sekitar 360 ribu Kg.

source: youtube

Nah itulah sedikit pembahasan tentang China Yang Membuat Matahari Buatan Yang Panasnya Seperti Neraka.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca