Kamera

Ini Dia Perbedaan Kamera Murah dan Kamera Mahal

Seiring perkembangan jaman, kamera digital kini sudah menjadi sebuah gadget yang sulit dipisahkan dari kehidupan sebagian orang. Perangkat ini telah menjadi salah satu bagian gaya hidup kaum milenial. Apalagi dengan semakin populernya media sosial seperti Instagram dan youtube. Kondisi ini tentu merupakan peluang bagus bagi produsen kamera untuk menawarkan berbagai produk mereka kepada konsumen.

Mengenai harga saat ini harga kamera digital bisa dibilang semakin terjangkau. Banyak kamera – kamera digital beresolusi tinggi yang ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau oleh para produsen kamera. Meskipun memiliki resolusi yang sama, apa sih sebenarnya yang membedakan antara kamera digital mahal dan kamera digital murah? Nah kali ini kita akan mencoba membandingkan antara Canon EOS 80D dan Canon EOS 760D.

Meskipun memiliki resolusi yang hampir sama akan tetapi Canon EOS 760D memiliki harga yang cukup jauh dibawah harga Canon EOS 80D. Bahkan harganya hampir separuhnya. Padahal jika hanya dilihat dari resolusinya, EOS 80D lebih kecil dibanding EOS 760D yakni EOS 760D beresolusi 24,2MP sedangkan EOS 80D hanya 24MP.

Penasaran khan, kenapa Kedua kamera yang beresolusi hampir sama ini tapi memiliki harga yang terpaut cukup jauh? Nah biar tidak bingung, simak saja perbedaan antara kamera murah dan kamera mahal yang perlu anda ketahui berikut ini.

1. Sistem AutoFocus (AF Point System)

Sistem autofocus Kamera
source : discoverdigitalphotography.com
Meskipun memiliki resolusi yang hampir sama, akan tetapi biasanya kamera mahal memiliki kemampuan autofocus yang lebih baik dari kamera murah. Hal itu didukung dengan jumlah titik autofocus yang lebih banyak, lebih senditif, lebih responsif, lebih presisi, serta set-up, dan fine-tuningnya yang lebih rinci.

2. Kecepatan dalam Membidik Objek (Faster shooting)

Kecepatan Membidik Objek
source:flikr.com
Untuk memperoleh hasil bidikan yang lebih maksimal kecepatan membidik obyek memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Biasanya kamera yang lebih mahal memiliki kecepatan membidik object yang lebih bagus di banding kamrena yang memiliki harga lebih terjangkau.

Biasanya prosesor yang dimiliki oleh kamera mahal lebih cepat dibanding kamera yang lebih murah, selain itu kecepatan rananya lebih baik. Sehingga keakuratan dalam mengambil gambar secara cepat tentu lebih baik.

3. Kemudahan Penggunaan (Handling)

Kemudahan penggunaan kamera
Biasanya kamera yang memiliki harga yang lebih mahal sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang lebih memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan kamera. Kamera mahal biasanya telah dibekali dengan beberapa tombol penting yang memiliki fungsi khusus.
Pada kamera yang lebih murah biasanya kita perlu mengakses beberapa fitur hanya untuk melakukan pengaturan yang sudah bisa dihandle dengan sekali sentuh pada kamera mahal.

4. View finder

View finder Camera
Biasanya pada kamera yang memiliki harga lebih murah terdapat kelemahan pada jendela bidik atau view finder ini. Sehingga Kamera yang lebih murah tidak mampu memberikan cakupan bidikan hingga 100%. Hasilnya kadang berbeda meskipun kita sudah memposisikannya pada view yang sempurna, oleh karena itu kadang kita masih perlu untuk melakukan pengeditan agar hasilnya sesuai yang kita inginkan.

5. ISO dan Shutter Speed

ISO dan Shutter Speed
Aspek lain yang tidak boleh diabaikan adalah pada ISO dan Shutter Speed. Sebagai contoh, pada EOS 80D, memiliki ISO 25600 dan shutter speed 1/8000. Sedangkan EOS 760D hanya memiliki ISO 6400 dan shutter speed maksimal 1/4000. Kemampuan yang dimiliki oleh EOS 80D menjadi 2x lipat dari EOS 760D.

6. Kualitas Bahan (Build Quality)

kualitas bahan kamera murah dan mahal
Dalam pepatah Jawa kita sering mendengar istilah “Ono Rego Ono Rupo” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya ada harga ada kualitas. Kamera yang memiliki harga lebih mahal biasanya menggunakan material yang lebih bagus dan kuat dan lebih terkesan mewah dibanding yang berharga murah. Sedangkan kamera murah biasanya hanya menggunakan bodi dengan material plastik.
Perbedaan ini selain mempengaruhi penampilan fisik, juga berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan dalam pemakaian .

Dengan kata lain kamera yang memiliki harga yang lebih mahal tentu menawarkan fitur dan kualitas yang lebih baik dibanding kamera yang lebih murah. Akan tetapi bukan berarti kamera yang murah itu jelek. semuanya akan tergantung dengan kebutuhan serta budget yang kita miliki. Tentunya anda sendiri yang dapat menentukannya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca