Tips & Trick

Lakukan Hal Ini Sebelum Menjual Smartphone Anda

Tips dan Trik Cerdas Mengakali Penipu

Mencengangkan, vendor aplikasi keamanan Avast yang melakukan penelitian mengenai keamanan fitur factory reset di Smartphone Android. menemukan fakta yang mengejutkan, di mana mereka mengungkapkan bahwa opsi factory reset di Android tidaklah efektif untuk menghapus semua data yang ada di perangkat tersebut.

Avast mengatakan Dari 20 smartphone Android bekas yang di beli di situs online, mereka berhasil mendapatkan lebih dari 40.000 foto, 720 email dan SMS, 250 kontak, serta berbagai macam data pribadi pengguna smartphone sebelumnya. Dan yang cukup mengkhawatirkan, mereka mendapatkan semua itu hanya dengan menggunakan aplikasi data recovery biasa. Fakta tersebut tentu sangat mengkhawatirkan bagi kita karena bisa saja data pribadi yang kita miliki disalahgunakan ketika kita menjual  Android. Maka dari itu kali ini pembahasan akan di fokuskan untuk mengulas langkah-langkah penghapusan data yang ada di Android dengan aman agar tidak dapat diakses lagi ketika kita telah menjualnya.

1. Backup Data.

sebelum kita menghapus data data kita membackup datanya terlebih dahulu sangat disarankan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Untuk membackup-nya, Anda bisa menggunakan fitur Backup and Restore yang biasanya sudah tersedia secara default di setiap perangkat Smartphone Android. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi Backup yang ada di google playstore.

2. Lepaskan SIM Card Serta Memorinya sebelum menjual.

Ada beberapa pembeli yang kandang perasa mendapat bonus bberupa data pribadi penjual smartphone ketika pembeli menjual smartphonnya, hanya karena si penjual lupa melepas memori eksternalnya. jadi sebelum menjual pastikan dulu hal ini di lakukan.

3. Encrypting.

selanjutnya adalah lakukan enkripsi pada data Anda sebelum menghapusnya. proses enkripsi ini akan mengacak data yang ada di perangkat Anda. Dengan begitu jika terdapat data yang tidak benar-benar terhapus, maka diperlukan kode tertentu agar bisa membuka data tersebut. Cara melakukan enkripsi ini adalah dengan mengklik menu Settings, pilih opsi Security, kemudian pilih opsi Encrypt Phone. Fitur ini mungkin terletak di lokasi yang berbeda tergantung dari jenis smartphone yang Anda gunakan.

4. Factory Reset.

Langkah selanjutnya adalah melakukan Factory Reset untuk menghapus semua data. Caranya, buka menu Settings, pilih opsi Backup & Reset, kemudian pilih Factory Data Reset. hal ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda sebelum akhirnya di jual.

5. Masukan Data Palsu.

Untuk benar-benar memastikan agar data yang dihapus tidak bisa dibuka kembali, Anda dapat memasukkan berbagai macam data palsu ataupun file-file yang tidak penting seperti foto tanaman, nomor kontak palsu, dan lainnya, demi mencegah tindakan yang tidak diinginkan oleh pembeli smartphone anda.

6. Lakukan Factory Reset Kembali.

Setelah memasukkan berbagai macam data palsu tersebut, lakukanlah kembali Factory Reset untuk menghapus data-data tersebut. Hal ini akan membuat data asli Anda ‘tertimpa’ oleh data palsu tersebut sehingga akan sulit untuk diakses kembali.

Nah itulah cara aman untuk data anda apabila ingin menjual smartphon anda, lakukan semuanya dengan benar dan semoga data anda tidak di salah gunakan pihak bertanggung jawab, bagi yang mau nambahin infonya boleh lho di kolom komentar blog ini di isi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca