Berita

Sesudah Virus WannaCry, Kini tiba tiba Virus SamSam Hantui Institusi Pemerintah di Amerika Serikat

Berita Hot Bikin Goyang Kepala

Sesudah Virus WannaCry, Kini tiba tiba Virus SamSam Hantui Institusi Pemerintah di Amerika Serikat, itulah berita yang santer di beritakan media luair saat ini, Setelah heboh dengan serangan ransomware WannaCry beberapa bulan yang lalu, kini muncul lagi fenomena serupa yang dilaporkan oleh perusahaan keamanan siber, Symantec. Menurut laporan Symantec, sekelompok peretas telah menyebarkan ransomware baru bernama SamSam.

source: thehekemeuws.com

Dalam serangan ini, ransomware SamSam telah menelan korban sebanyak 67 target dan yang terbesar terjadi di wilayah Amerika Serikat. Lalu telah terjadi kerugian total mencapai $10 juta hanya yang tercatat pada bulan Maret 2018, belum termasuk seranga-serangan lain atau yang terbaru. Korban dari ransomware dilaporkan menunjukkan gelagat terenkripsi dan menampilkan permintaan tebusan uang dalam nominal tinggi. Salah satunya adalah serangan terhadap Departemen Transportasi Colorado yang dimintai tebusan sebesar $1,5 juta.

source: swanscan.com

Selanjutnya dikatakan pula bahwa dalam 67 serangan yang menyasar berbagai institusi pemerintah, 24% di antaranya menyasar departemen kesehatan, departemen yang juga menjadi sasaran empuk malware Wannacry sebelumnya. 56 serangan SamSam berlokasi di AS. Sementara itu, sebagian kecil serangan menyasar negara Portugal, Prancis, Australia, Irlandia dan Israel.

source: malwareless.com

Dalam melancarkan serangannya, kelompok SamSam ini memakai strategi living off the land atau mereka menggunakan sistem operasi atau tool administrasi jaringan yang dipunyai oleh korban. Penyusupan ini kerap dipakai oleh mata-mata untuk memasuki jaringan target kemudian menyamarkan aktivitas sehingga tampak seperti operasi yang sah.

Saking kuatnya, langkah pembuatan backup pun dianggap bukan langkah yang efektif mengingat SamSam juga akan mengenkripsi berkas-berkas backup yang tersimpan di komputer.

Nah Ternyata seiring dengan kemajuan teknologi,banyak celah pula untuk melakukan kejahatan di dalamnya, kira kira pembaca ada info menarik lainnya gak nih, boleh share di kolom komentar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Matikan Ad Blocker anda untuk melanjutkan membaca